Senin, 07 Mei 2012

"Pilihan Hati"


Renungan, Pilihan Hati



Ada begitu banyak masalah yang tidak bisa dijawab oleh mulut.

ada begitu banyak masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh akal.

Tapi semuanya, dapat diselesaikan oleh hati kita.

kadang kita merasa berat dengan keputusan yang harus segera diambil. kita dihadapkan dengan dua pilihan yang sama baiknya, atau sama buruknya. pada saat itu, mulut seperti terkunci, akalpun seolah tidak bisa berbuat banyak. pada akhirnya, kita akan memilih apa yang dipilih oleh hati kita.

Apakah pilihan hati itu dapat dipercaya?

Pada dasarnya, orang lebih percaya pada apa yang ia yakini dari pada apa yang ia dengar dari orang lain. ini adalah karakteristik yang pasti ada pada banyak orang. Tapi apakah pilihan hati itu dapat dipercaya? kalo kita dihadapkan pada masalah pribadi yang tidak bisa dijawab oleh orang lain, siapa yang kita anda percaya selain hati kita sendiri?

Apakah pilihan hati itu selalu yang terbaik?

Faktor Pilihan Hati:

1. Pilihan hati selalu berasal dari keyakinan diri yang diperoleh dari berbagai pengalaman pribadi dan naluri. Seorang yang terbiasa menghadapi satu permasalahan, dia akan dengan mudah mendapatkan pilihan hati disaat dia dihadapkan dengan masalah yang sama.

contoh:

misalkan kita tersesat dimalam hari, sedangkan kita harus memilih dua jalan. maka pilihan hati akan mengarahkan kita pada jalan yang sebenarnya sudah pernah kita lewati. walaupun pada kondisi itu kita benar-benar lupa jalan yang benar.

2. “Sentuhan” Tuhan.

ini adalah hal khusus yang hanya didapatkan oleh orang-orang yang dikehendakiNya. Dapat diartikan petunjuk langsung dari ALLAH SWT. kita tentu masih ingat hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhari

“ALLAH SWT berfirman: …Maka ketika Aku mencintainya, Aku menjadi pendengarannya yang ia gunakan untuk mendengar, penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, tangannya yang ia gunakan untuk memukul dan kakinya yang ia gunakan untuk berjalan…” ( lihat hadits arbain nomor 38 disini)

Karunia besar tersebut diberikan ALLAH untuk hamba-hamba yang dicintaiNya. Maka untuk orang-orang yang dipilihNya, Ia akan menuntun hati menuju jalan terbaik, pilihan  terbaik, dan manfaat terbaik.

Semoga kita menjadi orang-orang yang dicintaiNya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons